Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Seperti yang Kamu ketahui, surat lamaran kerja merupakan pintu pertama untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin baik surat lamaran yang dibuat, semakin besar peluang Kamu melangkah ke tes berikutnya.

Sayangnya, dari sejumlah surat lamaran yang dikirimkan ke beberapa perusahaan, Kamu belum menerima satu panggilan pun. Bisa jadi salah satu penyebabnya Merupakan surat lamaran pekerjaan Kamu belum baik dan benar di mata personalia perusahaan.

Saya percaya kondisi ini membuat Kamu marah, resah, dan lelah. Namun, mohon jangan menyerah.

Kamu bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Untuk tujuan tersebut, lakukan tahap-tahap berikut.

1. Cermati iklan lowongan kerja

Langkah pertama Merupakan mencermati iklan lowongan kerja yang memuat posisi yang Kamu incar. Iklan lowongan kerja tersebut mungkin Kamu dapatkan dari media cetak atau situs lowongan kerja Indonesia.

Apa pun sumbernya, baca dengan teliti tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta pengiklan. Dengan demikian, Kamu tidak salah informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang akan dibuat.

2. Identifikasi keterampilan Kamu yang relevan

Setelah mencermati iklan lowongan pekerjaan, identifikasi pengalaman kerja dan keterampilan Kamu yang relevan dengan posisi yang Kamu lamar.

Tulis garis besar pengalaman dan keterampilan tersebut dalam kertas kosong atau buku saku Kamu sehingga Kamu tidak lupa. Jika memungkinkan, kumpulkan dokumen atau sertifikat yang mendukung pengalaman dan keterampilan Kamu tersebut.

3. Ketahui komponen surat lamaran kerja

Langkah ketiga Merupakan mengetahui komponen surat lamaran kerja. Umumnya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tujuh komponen, yaitu:

  • a) Kepala Surat – Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Kamu. Letaknya di sebelah kanan.
  • b) Tanggal – Setiap surat harus memiliki tanggal. Urutan tanggal dalam bahasa Indonesia Merupakan hari, bulan, dan tahun (misal 11 Januari 2015).
  • Sementara itu, urutan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris Merupakan bulan, hari, dan tahun. Sebelum tahun disisipkan tKamu baca koma (contoh January 11, 2015).
  • c) Alamat yang Dituju – Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan. Penulisannya dalam bentuk lurus (block format) yang diletakkan di sisi kiri.
  • d) Salam Pembuka – Salam pembuka umum dipakai dalam semua jenis surat. Biasanya salam pembuka berupa ‘Dengan hormat,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Dear Sir/Madam,’ (dalam bahasa Inggris).
  • d) Tubuh Surat – Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf.
  • Paragraf pertama berisi posisi yang Kamu lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa Kamu merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut. Sementara itu, paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan Kamu.
  • e) Salam Penutup – Salam penutup diletakkan di bagian surat lamaran Kamu. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Sincerely,’ (dalam bahasa Inggris).
  • f) Blok Tanda Tangan – Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli dan nama Kamu yang diketik dengan menggunakan komputer.

4. Ketik surat lamaran kerja Kamu

Langkah keempat Merupakan mengetik surat lamaran kerja Kamu dengan menggunakan komputer atau laptop. Di zaman sekarang ini, rasanya sudah tidak relevan lagi membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan bonafid dengan mengetiknya di mesin ketik atau menulisnya di kertas.

Jangan khawatir bila Kamu tidak punya komputer atau laptop. Kamu bisa ke rental komputer atau warung internet untuk mengetik surat lamaran Kamu.

5. Baca ulang surat lamaran kerja yang dibuat

Langkah terakhir Merupakan membaca ulang surat lamaran kerja yang baru Kamu buat. Lakukan minimal 3 kali sehingga Kamu bisa melihat apakah surat lamaran yang Kamu buat itu sudah benar atau belum.

Selain itu, aktivitas ini juga akan membantu Kamu mengindentifikasi salah ketik yang bisa merugikan surat lamaran kerja Kamu.

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia
Masih bingung tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Jangan khawatir.
Di bawah ini saya berikan contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia untuk posisi accounting staff.


Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris
Jika ditulis dalam bahasa Inggris, contoh surat lamaran kerja di atas menjadi seperti ini:


Penutup
Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar perlu keterampilan. Cobalah Kamu menerapkan langkah-langkah yang telah saya jelaskan dalam membuat surat lamaran kerja apa pun.

Jangan ragu untuk memodifikasi contoh surat lamaran kerja di atas sehingga surat lamaran kerja yang Kamu buat menjadi lebih baik.

0 Response to "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR !

DILARANG KOMENTAR BERUPA LINK ATAU SPAM !!! 🚫

Catatan: Memasukan item pada komentar

☑️ Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan Tag Url Gambar Anda
☑️ Untuk Menyisipkan Kode, Gunakan Tag Kode Anda
☑️ Untuk Menyisipkan Kode Panjang, Gunakan Tag
☑️ Untuk Menyisipkan Judul, Gunakan Tag Judul Anda

TINGGALKAN PESAN DENGAN KATA-KATA YANG BAIK :

1.Sopan dan tidak mengandung unsur Agama, Porno, Promo dan judi.
2.Tidak memasang iklan atau link lainnya.
3. Link Aktif Akan Dimatikan Secara Otomatis.
4. Berkomentarlah sesuai konten.

☑️ HARAP MAKLUM 🚫

Hormat Kami
Admin Kompas-id.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel